PERENCANAAN PERKERASAN KAKU MENGGUNAKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN (MDP) 2024 PADA RUAS JALAN SUTAN SYAHRIR KOTA METRO

Authors

  • Serli Carlinaa Dinas PUTR Kota Metro, Kota Metro, Jl. Zainal Abidin Pagar Alam, Kota Metro 34111

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrl.v3i2.43

Keywords:

MDP Perkerasan kaku JSKN

Abstract

Perkerasan jalan merupakan lapisan perkerasan yang terletak di antara lapisan tanah dasar dan roda kendaraan, yang berfungsi memberikan pelayanan kepada sarana transportasi dan selama masa pelayanannya diharapkan tidak terjadi kerusakan. Pada artikel ini dilakukan analisis Ruas Jalan Sutan Syahrir dikarenakan kondisi existing jalan mengalami kerusakan seperti jalan berlubang dan pelepasan butiran agregat. Pemerintah Kota Metro merencanakan rekonstruksi jalan dengan perkerasan kaku untuk ruas jalan Sutan Syahrir. Dalam merencanakan desain struktur perkerasan jalan kaku yaitu dengan menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2024. Jenis data yang digunakan terdiri dari data primer yaitu pengukuran panjang dan lebar jalan, survey lapangan, data lalu lintas dan data sekunder yaitu peta lokasi, data CBR dan status jalan. Hasil pengamatan dan survey didapat nilai lalu lintas harian rata – rata (LHR) sebesar 863 kendaraan perhari yang terbagi dalam beberapa jenis golongan kendaraan. Nilai CBR rata - rata tanah dasar yakni 7,47% diatas nilai minimum CBR yang dipersyaratkan sebesar 6%. Nilai Jumlah Kelompok Sumbu Kendaraan Niaga (JSKN) untuk umur rencana 40 tahun sebesar 3.215.180,263 / (3,22E+06). Maka hasil dari penelitian Analisis Tebal Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 Pada Ruas Jalan Sutan Syahrir Kota Metro diperoleh Tebal Perkerasan Beton Semen = 250 mm, Lapis Pondasi Bawah = 100 mm dan LPA Kelas A = 100 mm dengan jenis perkerasan Beton Semen Bersambung Tanpa Tulangan (JPCP) serta didapati sambungan melintang menggunakan dowel Ø36 – 300 panjang 450 mm, batang pengikat (Tie-bar) Ulir Ø16 – 600 panjang 700 mm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chegenizadeh, A., Keramatikermanm, M., & Nikraz, H. (2016). A Study Numerical Modelling of Rigid Pavement: Temperature and Thickness Effect. International Journal of Civil and Enviromental Engineering, 10, No:2(2), 265-269.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga, (2024), Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor : 03/M/BM/2024, Jakarta

Ketema, Y., Quezon, P. E. T., & Kebede, G. (2016). Cost and Benefit Analysis of Rigid and Flexible Pavement: A case Study at Chanco-Derba-Becho Road Project. International Journal of Scientific and Engineering Research, 7(10), 181-188.

Kosim, K., Fikri, J., Indra, S., Amalia, K. R., Sari, I. P., & Prasetya, Y. (2022). Design of Geometric and Rigid Pavement Thickness on Jalan Lingkar Barat Sp. Sports Center-Bukit Sulap STA 0+100 – STA 7+583 Lubuk linggau City, South Sumatera Province. Proceedings of the 5th FIRST T1 T2 2021 International Conference (FIRST-T1-T2 2021), 9, 19-25. https://doi.org/10.2991/ahe.k.220205.004

Silvia, S. (2003) Beton Aspal Campuran Panas, Granit, Jakarta.

Downloads

Published

2025-07-08

How to Cite

Carlinaa, S. (2025). PERENCANAAN PERKERASAN KAKU MENGGUNAKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN (MDP) 2024 PADA RUAS JALAN SUTAN SYAHRIR KOTA METRO. Jurnal Rekayasa Lampung, 3(2). https://doi.org/10.23960/jrl.v3i2.43

Issue

Section

Articles