ANALISIS BIBLIOMETRIK TREN PENELITIAN STRES MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Authors

  • Eka Febriati Ningsih Teknik Informatika, Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrl.v4i3.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian ilmiah yang berkaitan dengan tingkat stres mahasiswa tingkat akhir menggunakan metode bibliometrik. Data diambil melalui mesin pencari Google Scholar dan diproses menggunakan aplikasi Publish or Perish. Artikel yang terpilih kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer untuk memetakan tren publikasi, kata kunci dominan, dan hubungan antarpenulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa topik stres pada mahasiswa akhir mengalami peningkatan sejak pandemi COVID-19. Visualisasi peta kata kunci menunjukkan bahwa tema "academic stress" dan "final year student" merupakan topik yang dominan. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan aplikasi pendeteksi stres atau solusi berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar matematika. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 11–17.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(1), 12–18.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/114300

Bayram, N., & Bilgel, N. (2008). The prevalence and socio-demographic correlations of depression, anxiety and stress among a group of university students. Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology, 43(8), 667–672.

Beiter, R., et al. (2015). The prevalence and correlates of depression, anxiety, and stress in a sample of college students. Journal of Affective Disorders, 173, 90–96.

Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133, 285–296.

Harahap, A. C. P., & Harahap, D. P. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 45–52.

Harzing, A. W. (2023). Publish or Perish User Manual (Version 8). Harzing.com. Retrieved from

Julius, J. A., Anggraini, D., & Priyanto, B. (2021). Tren Publikasi Ilmiah Indonesia 1980–2020: Kajian Bibliometrik. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan, 23(1), 1–15.

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring di masa pandemi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 33–40.

Misra, R., & Castillo, L. G. (2004). Academic stress among college students: Comparison of American and international students. International Journal of Stress Management, 11(2), 132–148.

Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada siswa kelas XII. Jurnal Empati, 5(3), 122–129.

Ruhmadi, E., & Suwartika, I. (2014). Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stres akademik mahasiswa keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 17(2), 89–96.

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan self efficacy, motivasi berprestasi, dan stres akademik siswa. Bikotetik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 90–97.

Saravanan, C., & Wilks, R. (2014). Medical students’ experience of and reaction to stress. The Scientific World Journal, 2014. https://doi.org/10.1155/2014/737382

Scimago. (2023). Scimago Journal & Country Rank. Retrieved from

Son, C., Hegde, S., Smith, A., Wang, X., & Sasangohar, F. (2020). Effects of COVID-19 on college students’ mental health. Journal of Medical Internet Research, 22(9), e21279. https://doi.org/10.2196/21279

Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi stres akademik siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 56–62.

Van Eck, N. J., & Waltman, L. (2010). VOSviewer: A computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538. https://doi.org/10.1007/s11192-009-0146-3

Wang, Y., Zhang, M., Jin, X., & Xie, S. (2020). Machine learning models for predicting student stress. IEEE Access, 8, 85897–85911.

Yusoff, M. S. B., Rahim, A. F. A., & Yaacob, M. J. (2013). Prevalence and sources of stress among students in a medical faculty. Malaysian Journal of Medical Sciences, 20(1), 30–37.

Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik mahasiswa. Psyche 165 Journal, 6(2), 21–28.

Altiok, H. O., & Ustun, B. (2013). The stress sources of nursing students. Journal of Psychiatric Nursing, 4(2), 63–71.

Shamsuddin, K., et al. (2013). Correlates of depression, anxiety and stress among Malaysian university students. Asian Journal of Psychiatry, 6(4), 318–323.

Saleh, D., Camart, N., & Romo, L. (2017). Predictors of stress in college students. Psychology, Health & Medicine, 22(6), 626–634.

Bukhsh, Q., et al. (2011). A study of learning stress and stress management strategies of the students of postgraduate level. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 30, 182-186.

Robotham, D., & Julian, C. (2006). Stress and the higher education student. Higher Education

Downloads

Published

2025-10-12

How to Cite

Ningsih, E. F. (2025). ANALISIS BIBLIOMETRIK TREN PENELITIAN STRES MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Jurnal Rekayasa Lampung, 4(3). https://doi.org/10.23960/jrl.v4i3.72

Issue

Section

Articles