PENGGUNAAN MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA DENGAN DISABILITAS: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Authors

  • Sa’adah Sa’adah Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrl.v4i3.74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media dan teknologi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi siswa dengan disabilitas melalui metode systematic literature review (SLR). Kajian ini dilakukan untuk mengidentifikasi bentuk media dan teknologi yang telah diterapkan dalam pembelajaran IPA, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasinya di sekolah inklusif. Data diperoleh dari artikel-artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam rentang tahun 2018–2025 melalui basis data Scopus, ERIC, dan jurnal nasional.Proses seleksi menggunakan pedoman PRISMA dan menghasilkan 18 artikel yang relevan. Data dianalisis dengan mengelompokkan jenis media dan teknologi, karakteristik peserta didik, serta temuan utama masing-masing studi. Hasil kajian menunjukkan bahwa media seperti augmented reality, e-modul interaktif, alat bantu berbasis suara, dan teknologi berbasis kecerdasan buatan dapat meningkatkan pemahaman konseptual, motivasi belajar, serta keterlibatan siswa disabilitas. Namun, keterbatasan pelatihan guru, kurangnya sarana prasarana, serta rendahnya integrasi teknologi dalam kurikulum menjadi tantangan utama dalam implementasinya. Kesimpulannya, media dan teknologi memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran IPA yang inklusif dan adaptif, tetapi keberhasilannya memerlukan dukungan sistemik dan kolaboratif dari berbagai pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnaldi, M. (2011). Melani’s Cognitive Process To Parameter Assessment Learning Disability Of Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 170–178. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.222

Asghar, A., Sladeczek, I. E., Mercier, J., & Beaudoin, E. (2017). Learning in science, technology, engineering, and mathematics: Supporting students with learning disabilities. Canadian Psychology / Psychologie Canadienne, 58(3), 238–249. https://doi.org/10.1037/cap0000111

Aydeniz, M., ;, Cihak, D. F., ;, Graham, S. C., ;, & Retinger, L. (2012). Using inquiry-based instruction for teaching science to students with learning disabilities. International Journal of Special Education, 27(2), 189–206.

Badiah1, Lutfi Isni. “Implementasi Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu Di SDLB Karya Mulıa II Surabaya.” MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran 7, no. 1 (2021): 20–24.

Clarke, Lauren, and Dieuwertje J. Kast.“A Case Study in Making Ocean Education Accessible for Students with Special Needs.” Current: The Journal of Marine Education 34, no. 2 (September 2020): 28–35. https://doi.org/10.5334/cjme.29.

Gomes, C. V., & Mensah, F. M. (2020). Sounding Out Science. In Mobile Devices in Education (pp. 101–124). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-1757-4.ch007

Gottfried, Michael A., Jay Plasman, Jennifer A. Freeman, and Shaun Dougherty. “Who’s Taking What? ‘Applied STEM’ Coursetaking for High School Students With Learning Disabilities.” AERA Open 7 (January 2021). https://doi.org/10.1177/2332858421999078.

Harefa, Ikerman Jaya and Tamansa, Santhya Anaomi and Peronika, Riska Yuna and Harefa, Nelius. “Studi Kelayakan E-Module Berbasis Flip Pdf Corporate Edition Pada Materi Model Atom Dan Ikatan Kimia Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).” Seminar Nasional Pendidikan Ipa dan Matematika. Universitas Negeri Malang, 1 (2023): 639–44.

Hidayah, Sindy Nurul; Widajati, Wiwik. “Pengembangan Media Mock-up Berbasis Augemented Reality Untuk Pemahaman Konsep Panca Indera Bagi Disabilitas Intelektual, n.d.

Hijriyah, L., Alias, A., & Mohd Sahabuddin, M. F. (2024). Exploring walkability research trends based on systematic literature review (SLR) by applying PRISMA. Open House International, 49(1), 63–121. https://doi.org/10.1108/OHI-02-2023-0031

I Made Suarjana, Komang Setemen, and Komang Sujendra Diputra. “Virtual Manipulatives Berbasis Bahasa Isyarat: Teknologi Asistif Untuk Mendukung Siswa Kolok (Penyandang Disabilitas Tunarungu-Wicara) Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” International Journal of Community Service Learning 8, no. 4 (November 2024): 422–29. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.85214.

Kitchenham, B., Pearl Brereton, O., Budgen, D., Turner, M., Bailey, J., & Linkman, S. (2009). Systematic literature reviews in software engineering - A systematic literature review. Information and Software Technology, 51(1), 7–15. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2008.09.009

Lutfio, Muhammad Iqbal, Fajarullah Kapitang, Muhammad Ilham Wijaya, Yulia Luthfiyani Azizah, and Difa’ul Husna. “Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Pendidikan 32, no. 1 (March 2023): 121–28. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3489.

Maryam, Eka, Romadon, and Ahmad Fahrudin. “Pengembangan Alat Praktikum Fisika Berbasis Voice Equipment Untuk Anak Tunanetra Di SLB Kota Lubuklinggau. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan 14, no. 3 (2023): 285–91.

Maulidiyah, Farah nayla. “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan 29, no. 2 (August 2020): 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647.

Mikropoulos, Tassos Anastasios, and Georgia Iatraki. “Digital Technology Supports Science Education for Students with Disabilities: A Systematic Review.” Education and Information Technologies 28, no. 4 (April 2023): 3911–35. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11317-9.

Panopoulos, N., & Drossinou-Korea, M. (2024). Reading Comprehension Skills Of Students With Disabilities Teaching Practices With Technological Tools. European Journal of Special Education Research, 10(4). https://doi.org/10.46827/ejse.v10i4.5407

Rule, A. C., Stefanich, G. P., Boody, R. M., & Peiffer, B. (2011). Impact of Adaptive Materials on Teachers and their Students with Visual Impairments in Secondary Science and Mathematics Classes. International Journal of Science Education, 33(6), 865–887. https://doi.org/10.1080/09500693.2010.506619

Slemrod, T., Howorth, S., Wood, L., Lemmi, C., Hart, S., Cheney, D., & West, E. (2023). A Comparison of Science Vocabulary Acquisition Using Keyword Mnemonics via Technology and Flash Cards. Journal of Special Education Technology, 38(3), 301–313. https://doi.org/10.1177/01626434221100729

Try Lysa Handayani Sugianto, Hadi Susanto. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbentuk Pop-Up Dan Smash Book Materi Sifat Cahaya Bagi Siswa Penyandang Disabilitas Rungu.” Unnes Physics Education Journal 8, no. 1 (2019): 8–15.

Downloads

Published

2025-10-12

How to Cite

Sa’adah, S. (2025). PENGGUNAAN MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA DENGAN DISABILITAS: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Rekayasa Lampung, 4(3). https://doi.org/10.23960/jrl.v4i3.74

Issue

Section

Articles